//
you're reading...
Surat Pembaca

Sang Putri terlibat Korupsi

Akhirnya KPK menahan Angelina Sondakh dengan sedikitnya 2 dakwaan; tersangka kasus suap Wisma Atlet SEA Games dan korupsi di Kemendikbud (Republika Online, 27 April 2012). Kejadian ini seharusnya memprihatinkan masyarakat terutama perempuan Indonesia. Angelina Patricia Pingkan Sondakh adalah perempuan cerdas. Ia meraih penghargaan Outstanding effort in maths, textile & design and scripture di Presbyterian Ladies Collage, Sydney, dan Certificate of merit in chemistry di Armidale public High School Armidale, New South Wales, ketika menjadi pelajar di Australia.

Di tahun 1996, Angie menjuarai lomba Pidato Bahasa Inggris se-Sulut, dan menjadi Juara I Lomba Debat Ilmiah se-Sulut. Penulis buku Kecantikan bukan Modal Utama Saya ini menerima Penghargaan Satya Karya Kemerdekaan dari Menteri Sosial Republik Indonesia di tahun 2002. Yayasan Putri Indonesia menobatkannya sebagai Putri Indonesia di tahun 2001. Ini sesuai parameter penilaian yang digunakan dalam kontes tersebut, yakni: Brain (kecerdasan), Beauty (penampilan menarik), dan Behavior (berperilaku baik). Politikus dari Partai Demokrat ini juga dikenal jauh dari hingar bingar dunia selebritis yang kerap ditempuh para jawara kontes kecantikan lainnya.

Ternyata kecerdasan dan good behavior (perilaku baik) dengan standar kontes kecantikan yang dibuat oleh manusia, tak cukup untuk membuatnya tidak terseret kasus suap dan korupsi. Hendaknya ini menjadi renungan, bahwa sudah saatnya perempuan dinilai bukan saja dari kecerdasannya. Tetapi juga keimanan dan ketakwaannya. Diperlukan pula untuk membangun masyarakat dan sistem pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi. Karena di dalam masyarakat dan sistem yang rusak, secerdas dan sebaik apa pun individu, sangat memungkinkan untuk melakukan tindak pidana karena adanya kesempatan. Masyarakat dengan aturan sekuler dan sistem pemerintahan liberal kapitalistik terbukti gagal menghapuskan budaya suap dan korupsi di Indonesia. Kemana lagi akan berpaling kalau bukan kepada sistem yang dibuat oleh Zat Yang Maha Baik. Yakni sistem pemerintahan yang dibangun di atas keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

 

Nurisma Fira
Glentworth Road, Nottingham
Inggris

Pembelajarannya disini: https://www.facebook.com/groups/391394384227701/doc/403087856391687/

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: